Recommended

JalanJalan (2011): Beyond Bali [Garis Batas]

TRAVEL NOTES • GREAT READS

1108-jalanjalan-bookreview

Beyond Bali

Meski Bali dari Singapura terus jadi favorit turis Indonesia, para penulis travel lokal tak lelah menyuguhkan destinasi alternatif. Berikut buku-buku terbaru mereka.

 

SCANDINAVIAN EXPLORER: 18 HARI BACKPACKING MENGINTIP FJORD, VIKING, DAN SALMON

Asanti Astari

Skandinavia dikenal sebagai kawasan dengan biaya hidup tertinggi di Eropa. Namun fakta tersebut tidak menghalangi niat Asanti menjelajah keindahan alamnya selama kurang lebih tiga minggu. Di bukunya, alumni Universitas Indonesia ini merekomendasikan beberapa aktivitas yang layak dilakoni jika tabungan sudah mencukupi, antara lain menonton pentas cahaya Aurora Borealis dan tur kendaraan lintas kota bertajuk “Norway in a Nutshell”.

 

THE NAKED TRAVELER 3

Trinity

Sejatinya, The Naked Traveler bukanlah buku panduan wisata, melainkan bacaan hiburan dan seri ketiganya ini kemungkinan membuat kita tertawa tiga kali lebih kencang. Tetap dengan gaya menulis ala blog, Trinity menuturkan kisahnya berenang di Laut Mati, mandi bugil di onsen (akhirnya ia benar-benar seorang “naked’ traveler), melakoni tur hantu di Bandung, hingga menyusuri jalan-jalan kumuh di Nepal.

Seluruh tempat tersebut memang pernah dibahas di buku travel lain, namun yang membuat The Naked TravsJer 3 spesial adalah, Trinity mampu mengolah kejadian remeh sehari-hari jadi humor yang mengocok perut.

 

BUKAN JELAJAH BIASA: OLEH-OLEH CERITA, BUDAYA, DAN POTRET KEHIDUPAN DARI SEORANG JURNALIS

Silvia Galikano

Layaknya jurnalis, Silvia mengandalkan reportase, wawancara dan investigasi untuk mendokumentasikan perjalanannya. Wartawan salah satu surat kabar nasional ini membawa pembaca menyelami kisah mistis Pringgondani, menyibak sejarah salon tua di Cirebon yang konon bisa membuat orang awet muda, serta menyusuri jejak Jenderal Sudirman di Pacitan.

 

GARIS BATAS: PERJALANAN DI NEGERI-NEGERI ASIA TENGAH

Agustinus Wibowo

Dibanding Selimut Debu, buku kedua Agustinus ini menyuguhkan lebih banyak foto. Ditulis maiggunakan gaya jurnalisme sastra. Garis Batas berisi catatan perjalanan wartawan asal Lumajang ini di Tajikistan, Kirgizstan, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Turkrnenistan—semua negara berakhiran “stan” yang pernah berada di bawah imperium Uni Soviet. Isu utama yang dikupas buku ini adalah bagaimana perbatasan antar negara, baik fisik ataupun imajiner, berperan dalam sejarah peradaban manusia—termasuk dalam membentuk karakter Agustinus, penulis berdarah Tionghoa yang pernah mendapatkan perlakuan diskriminatif sewaktu kecil.

 

JELAJAH 3 NEGARA EKSOTIS: NEPAL, BHUTAN, TIBET

Nanny Budiman

Tak perlu bersusah payah jika ingin menyaksikan puncak Everest. Cukup membayar $ 166, kita bisa melihat atap bumi ini dari pesawat yang terbang di ketinggian 7600 meter! Inilah sepenggal tips yang dituturkan Nanny Budiman dalam bukunya. Selama 27 hari, mantan pramugari ini mengarungi tiga negara yang berada di selatan Cina, merekam eksotika budayanya, lalu menuliskannya dalam alur yang ringan dan menghibur.

 

TRAVELICIOUS: SEMARANG & KARIMUN JAWA

Ardi Teristi Hardi

Wihara Pagoda Watugong, Pantai Marina, dan Pulau Cemara Besar adalah beberapa obyek wisata yang dikupas Ardi dalam buku Travelicious edisi Semarang dan Karimunjawa. Buku panduan singkat ini juga menyisipkan info rumah sakit, penginapan, dan transportasi, lengkap dengan tarif serta alamatnya. Beberapa buku seri Travelicious lainnya yang telah terbit di 2011 adalah Yogya & Solo, Lombok, dan Jakarta.

 

About Agustinus Wibowo

Agustinus is an Indonesian travel writer and travel photographer. Agustinus started a “Grand Overland Journey” in 2005 from Beijing and dreamed to reach South Africa totally by land with an optimistic budget of US$2000. His journey has taken him across Himalaya, South Asia, Afghanistan, Iran, and ex-Soviet Central Asian republics. He was stranded and stayed three years in Afghanistan until 2009. He is now a full-time writer and based in Jakarta, Indonesia. agustinus@agustinuswibowo.com Contact: Website | More Posts

Leave a comment

Your email address will not be published.


*