Recommended

Tentang Workshop A CREATIVE WRITING CLASS ON #YourJourney Gramedia 14 Juni 2014

Teman-teman penulis, pembaca, dan pencinta tulisan perjalanan:

Pada 14 Juni ini, Gramedia Pustaka Utama akan mengadakan workshop dan seminar A CREATIVE WRITING CLASS ON #YourJourney, dengan pembicara saya sendiri, Agustinus Wibowo. Acara ini akan digelar dalam satu hari saja, dari pukul 9:00 WIB sampai 16:00 WIB yang akan dibagi menjadi tiga sesi.

Pada zaman sekarang ini, semakin banyak orang melakukan perjalanan dan semakin banyak orang yang menuliskannya. Tetapi, tidak banyak tulisan perjalanan mampu meninggalkan kesan di hati pembaca. Kamu mungkin pernah mencoba menuliskan pengalaman perjalananmu, atau pengalaman hidupmu, tetapi sering kebingungan sampai di tengah-tengah karena tidak tahu bagaimana harus menyelesaikannya? Atau kamu merasa ceritanya jauh lebih membosankan dari perjalanan seru yang kamu alami? Atau, kamu pernah mencoba memasukkan data-data untuk memperkaya tulisanmu, tetapi malah jadinya seperti artikel Wikipedia?

Kamu tidak sendiri.

Workshop ini akan membahas apa itu tulisan perjalanan, bagaimana sejarahnya, dan bagaimana menggunakan teknik bercerita untuk menghasilkan tulisan perjalanan yang kuat. Teknik nonfiksi kreatif ini bukan hanya bisa dipakai untuk menulis tulisan perjalanan saja, tetapi juga memori perjalanan hidup (memoar) ataupun pelaporan pewartaan (jurnalisme sastrawi).

Teknik-teknik dan berbagai tips praktis ini akan membuat tulisanmu hidup dan lincah seperti halnya novel fiksi, walaupun semua yang kamu sampaikan adalah kisah nyata (nonfiksi).

Seminar ini bukan saja untuk kamu yang suka jalan-jalan, tetapi juga buat kamu yang ingin menuliskan kisah hidup, biografi, artikel majalah, bahkan juga novel yang berlatar realita. Seminar ini juga bermanfaat untuk siapa pun yang ingin membangkitkan ide kreatif, juga pembaca yang ingin lebih mengapresiasi tulisan nonfiksi bergaya kreatif.

Mengingat materi dan perlengkapan, ini adalah even berbayar dengan tempat yang sangat terbatas. Peserta juga akan mendapatkan syllabus, goodie bag (termasuk buku karya Agustinus Wibowo) dari Gramedia Utama, dan sertifikat. Untuk pendaftaran dan informasi, silakan menghubungi Ika (citra@gramediapublishers.com atau 021-53650110ext3732)

Sampai jumpa di workshop #yourjourney!

 

Salam hangat,

 

Agustinus Wibowo

140618-travel-writing

About Agustinus Wibowo

Agustinus is an Indonesian travel writer and travel photographer. Agustinus started a “Grand Overland Journey” in 2005 from Beijing and dreamed to reach South Africa totally by land with an optimistic budget of US$2000. His journey has taken him across Himalaya, South Asia, Afghanistan, Iran, and ex-Soviet Central Asian republics. He was stranded and stayed three years in Afghanistan until 2009. He is now a full-time writer and based in Jakarta, Indonesia. agustinus@agustinuswibowo.com Contact: Website | More Posts

Leave a comment

Your email address will not be published.


*