Recommended

Buku Baru: Kita dan Mereka

Akhirnya… buku baru!

Terus terang, “Kita dan Mereka” adalah buku tersulit yang pernah saya tulis sejauh ini. Butuh waktu 6 tahun yang penuh perjuangan untuk menyelesaikan buku ini.

Setiap kata yang terukir dalam halaman-halaman buku ini adalah perjalanan. Buku ini lahir dari kegelisahan saya, pertanyaan yang menghantui saya sejak kecil sebagai bagian dari komunitas diaspora: “Siapa diri saya sebenarnya?”

Pertanyaan itu mengantar saya pada sebuah perjalanan pencarian panjang, ke berbagai negeri. Saya pun banyak mengunjungi daerah konflik, karena itu adalah cara saya memahami dan berdamai dengan konflik identitas yang berkecamuk dalam diri saya sendiri.

Selain itu, saya juga harus mengarungi lautan ratusan buku referensi – lebih dari 350 buku – untuk menelusuri sejarah berbagai kotak-kotak identitas manusia: negara, bangsa, agama, ideologi, ras, dan masih banyak lagi.

Begitu banyak cerita, begitu banyak data, saya pun perlu melakukan perjalanan spiritual yang sangat dalam untuk memahami makna dari semua ini. Jawaban dari pertanyaan besar “Siapa saya?”

Ini sesungguhnya adalah pertanyaan yang relevan bagi kita semua. Kita hidup dalam dunia global yang semakin sulit dipahami. Dunia di sekeliling kita berubah begitu cepat. Di tengah dunia yang semakin menyatu ini, konflik berdarah dan permusuhan atas nama identitas pun masih terus bergolak. Apa makna dari ini semua? Dan bagaimana kita melangkah menuju dunia yang lebih damai?

Bersiaplah untuk merenungi, menelusuri, dan mungkin … menemukan jawaban atas pertanyaan yang sama yang mungkin pernah Anda tanyakan pada diri sendiri.

#agustinuswibowo#bukubaru#nonfiksi#KitaDanMereka#identitas#TionghoaIndonesia#nasionalisme#agama#nonfiksikreatif#ceritaperjalananku#kontemplasi#mizanpustaka
@mizanpublishing
Photo by @hassanhanss

About Agustinus Wibowo

Agustinus is an Indonesian travel writer and travel photographer. Agustinus started a “Grand Overland Journey” in 2005 from Beijing and dreamed to reach South Africa totally by land with an optimistic budget of US$2000. His journey has taken him across Himalaya, South Asia, Afghanistan, Iran, and ex-Soviet Central Asian republics. He was stranded and stayed three years in Afghanistan until 2009. He is now a full-time writer and based in Jakarta, Indonesia. agustinus@agustinuswibowo.com Contact: Website | More Posts

1 Comment on Buku Baru: Kita dan Mereka

  1. Hi Ko Agus, seneng banget akhirnya nulis buku lagi ^o^ Kapan dijualnya ya Ko? Can’t wait to grab one!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*