Recommended

Detik.com: Agustinus Wibowo Bicara Soal Proyek Buku Baru

160914-detik-agustinuswibowo-1

Rabu, 14 Sep 2016 13:46 WIB  ·   Tia Agnes – detikHOT

tautan

Beijing – Perjalanan Agustinus Wibowo melintasi negara-negara di Asia Selatan dan Asia Tengah yang terangkum dalam buku trilogi membuat namanya kian dikenal publik. Dari Beijing, sarjana Ilmu Komputer Universitas Tsinghua itu memulai petualangan perjalanan darat keliling Asia. Kini sebelas tahun kemudian, Agus muncul dengan proyek terbaru, semangat serta antusiasme yang tak kalah seru dari buku-buku sebelumnya.

Tak lagi menceritakan tentang negara-negara berakhiran ‘tan’ maupun rencana penaklukan ke belahan benua Afrika, namun kali ini Agus kembali melihat ‘ke dalam’. Negara asalnya yang kaya akan budaya dan beragam cerita di dalamnya. Lewat tema ‘Nusantara’, Agus menjelajahi kawasan-kawasan yang berbeda yang bakal menjadi proyek buku berikutnya.

Indonesia dipilihnya sebagai fokus pencarian dengan berbagai alasan. Ditemui di sela-sela kemeriahan stand Nasional Indonesia di ajang Beijing International Book Fair (BIBF) 2016, akhir Agustus lalu, Agus menjelaskan tentang rencana proyek terbarunya tersebut.

“Indonesia adalah negara yang secara ajaib masih berdiri dengan utuh, ada ratusan etnik dan bahasa yang beragam. Setelah Reformasi pun Indonesia masih berdiri, itu jadi misteri sekaligus pertanyaan, ada kekuatan apa di balik Indonesia. Saya ingin memahami apa itu Indonesia, apa makna menjadi Indonesia, dan apa yang menyatukan Indonesia sampai sekarang ini,” ujarnya, kepada detikHOT.

Wacana tentang ‘Nusantara’ dan pencarian makna Indonesia memang disadari Agus sangat luas. Dia pun mengambil fragmen-fragmen dan beberapa titik lokasi sebagai riset bagi proyek bukunya sejak 2014 lalu.

Agus memilih dari perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Ia tinggal serta berinteraksi langsung dengan masyarakat. “Saya sempat tinggal langsung dengan pengungsi OPM, untuk memahami garis batas dari sudut pandang mereka,” tambah Agus.

Selain itu, masih ada empat titik lokasi lainnya yang direncanakan sebagai proyek berikutnya dari seorang Agustinus Wibowo. Seperti apa? Simak artikel berikutnya!

(tia/mmu)

About Agustinus Wibowo

Agustinus is an Indonesian travel writer and travel photographer. Agustinus started a “Grand Overland Journey” in 2005 from Beijing and dreamed to reach South Africa totally by land with an optimistic budget of US$2000. His journey has taken him across Himalaya, South Asia, Afghanistan, Iran, and ex-Soviet Central Asian republics. He was stranded and stayed three years in Afghanistan until 2009. He is now a full-time writer and based in Jakarta, Indonesia. agustinus@agustinuswibowo.com Contact: Website | More Posts

1 Comment on Detik.com: Agustinus Wibowo Bicara Soal Proyek Buku Baru

  1. Ditunggu buku barunya mas Agus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*