Recommended

Kompas (2013): 7 Pengarang Fiksi GPU Berbagi Rahasia

6 April 2013

1304-kompas-7-penulis-gpu

http://female.kompas.com/read/2013/04/06/20540843/7.Pengarang.Fiksi.GPU.Berbagi.Rahasia

KOMPAS.com – Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) menggelar temu pengarang dan pembaca fiksi di Gedung Kompas-Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta, Sabtu (6/4/2013). Sekitar 50an pengarang turut hadir dan tujuh di antaranya berbagi rahasia penulisan.

Tujuh pengarang tersebut yakni Okky Madasari (Entrok, 86, Maryam), Andina Dwifatma (Semusim, dan Semusim Lagi), Lexie Xu (Omen Series), Anastasia Aemilia (Katarsis), Agustinus Wibowo (Garis Batas, Titik Nol), Rina Suryakusuma (Jejak Kenangan), dan aliaZalea (The Devil in Black Jeans).

Dalam sesi kreatif penulisan, ketujuh penulis mendapat banyak pertanyaan dari sekitar 200 pembaca yang hadir. Mereka juga diberi kesempatan untuk menawarkan naskah yang mereka tulis.

“Menulis itu yang paling penting adalah ide, bukan teknis. Kalau ide kuat, mestinya bisa tuntas,” ujar Okky, yang juga peraih Khatulistiwa Literary Award 2012.

Masing-masing pengarang punya rahasia dan triknya sendiri-sendiri. Andina Dwifatma, pemenang sayembara menulis novel DKJ 2012, mengaku dirinya kerap bereksperimen dengan tulisan, seperti tentang cinta dan bagaimana kalau rasa itu dihilangkan.

“Saya punya tiga tips khusus dalam menulis, yakni outline sebagai panduan, jangan takut salah, dan percaya tidak ada yang baru di dunia ini selain kebaruan dalam mengungkapkannya lagi,” ujar Andina.

Lain lagi Anastasia Aemilia. Sebagai penulis dengan latar belakang editor, dia merasa tertantang untuk menulis ketika kerap berhadapan dengan naskah penulis lain. Menuntaskan novel, kata dia, adalah seperti usaha untuk mengalahkan diri sendiri.

Lexie Xu menulis karena imajinasinya terhadap sesuatu akibat insomnia atau susah tidur. Sementara Agustinus menuntaskan novel perjalanannya yang menurut dia menarik untuk diceritakan.

Pertanyaan lain yang mengalir antara lain seputar writer-stuck, bagaimana tips menuntaskan tulisan, dan lainnya.

Dalam kesempatan temu pengarang ini juga diluncurkan kumpulan cerpen Autumn Once More yang ditulis 8 pengarang dan 5 editor GPU. Seluruh royalti dari buku ini disumbangkan kepada Dana Kemanusiaan Kompas. GPU juga mengumumkan pemenang lomba penulisan novel Amore dengan tema “Let’s Fall In Love”. Pemenang dipilih dari 600-an naskah yang masuk ke meja redaksi sejak September sampai Desember 2012.

Bersamaan dengan itu, GPU juga mengumumkan kerjasama dengan Trinity Optima Production. Setiap pembelian tiga buku Amore mendapatkan gratis CD Vidi Aldiano yang didalamnya terdapat single Pupus/Kasih Tak Sampai. Promo ini hanya berlangsung dari April sampai Juni 2013.

Editor :
Dini

About Agustinus Wibowo

Agustinus is an Indonesian travel writer and travel photographer. Agustinus started a “Grand Overland Journey” in 2005 from Beijing and dreamed to reach South Africa totally by land with an optimistic budget of US$2000. His journey has taken him across Himalaya, South Asia, Afghanistan, Iran, and ex-Soviet Central Asian republics. He was stranded and stayed three years in Afghanistan until 2009. He is now a full-time writer and based in Jakarta, Indonesia. agustinus@agustinuswibowo.com Contact: Website | More Posts

Leave a comment

Your email address will not be published.


*